Posted by : Mouxine Arga Merpati Selasa, 06 Oktober 2009

Ada beberapa item yang harus di kerjakan untuk merawat mesi mbl anda supaya terhindar dari hal2 yang tidak diinginkan,pertama2 anda harus melakukan engine tune-up,adapun jenis-jenis engine tune-up mobil antara lain:
1.memeriksa dan membersihkan busi. busi merupakan komponen pengapian dan berfungsi pemberi bunga percikan api guna membakarcampuran bahan bakar bensin,udara,dan oli diruang bakar
busi bekerja pada tempratur,tekanan dan tegangan listrik yang tinggi ini menyebabkan busi sering mengalami ganguan,dan perlu di periksa dan di setel kembali,gangguan terjadi,bila pemakai kendaraan tak mengikuti spesifikasi pabrik,misalnya penggunaan busi dingin atau busi panas
cara menyetelnya dengan menggunakan bilah ukur(feeler gauge)disesuaikan dengan ketebalan busi sesuai dengan spesifikasi biasanya berukuran antara 0,6-0,8mm,ada pula kendaraan mempunyai celah busi 1,0mm.atau lebih.bilah celah terlampau sempit makan percikan api keluar tidak sempurna.juga sebaliknya bila terlalu lebar.
2.membersihkan elemen saringan udara
.saringan udara adalah suatu komponen berfungsi menahan debu atau menyaring debu yang ada di udara bebas,dan menyuplai udara bersih ke mesin untuk proses pembakaran.cara membersihkannya di semprot dengan angin compresor,
3.memeriksa kabel busi
.memeriksa kabel busi dari kemungkinan retak,rusak atau bocor.periksa pula setiap tahanan kabel busi,harga tahanan:18 k ohm/m dengan avometer atau multi-tester.
4.memeriksa dan membersikan tutup distributor
.tutup distributor diperiksa pada saat tertentu,apakah tutup itu cacat,berkarat dan terbakar,bila keadaan demikian maka sebaiknya tutup distributor itu haus di ganti.bila lubang kabel kotor cukup di bersihkan saja.selanjutnya bila terminal elektoda terbakar cukup di bersihkan ddengan menggunakan obeng negatif,sampai warna putih pada elektroda.
5.memeriksa dan membersihkan rotor distributor
.rotor distributor membagi arus tegangan tinggi dari distributor ke setiap kabel busi.karena selalu berputar terus menerus bisa terjadi keretakan,terbakar,kotor dan berkarat.retak pada rotor amat berbahaya karena ada kebocoran arus listrik dan distributor.bila ini terjadi maka sebaiknya rotor distributor di ganti yang baru.kalau hanya terbakar atau kotor dan berkarat maka cukup di bersihkan saja.
6.memeriksa dan menyetel celah platina
.platina mempunyai 2 ujung yang dapat di buka atau di tutup oleh sebuah cam yang berputar.
langkah2 menyetel platina:
A.putar poros engkol hingga celah platina maksimum dan gunakan bilah ukur untuk pengukuran.biasanya celah platina adalah 0,35mm.
B.lepaskan sekrup pelat dasar sehingga platina dapat di setel.
C.sisipkan bilah pengukur diantara celah platina.
D.pertahankan setelan ini dengan obeng dan ketatkan sekrup pelat dasar.periksa celah platina lagi.
E.masukan kertas putih yang lebarnya 8-10 mm kedalam celah dan bersihkan permukaan ujung dari dari minyak dan dengan cara mengerakan kertas tersebut.
7.memeriksa dan menyetel celah katup
.celah katup adalah toleransi antara ujung batang katup dengan rocker arm(lengan dorong)pada saat katup dalam keadaan tertutup.celah katup hanya terdapat pada mesin yang menggunakan mekanisme katup OHV(OverHead-Value=katup di kepala)umumnya celah katup berkisar antara 0,15-0,76mm.
8.memeriksa saat pengapian
.loncatan arus listrik pada busi dapat di periksa menggunakan timing-light.caranya mengarahkan timing light pada rotor magnet.
9.menyetel karburator
.karburator adalah salah satu komponen dari sistem bahan bakar yang berguna mencampur bahan bakar dengan udara dalam perbandingan tertentu.
10.memeriksa dan menyetel sistem pendingin.
.memeriksa keadaan radiator terhadap kebocoran terhadap sirip-sirip.bila pendingin kotor maka segera di ganti air pendingin dengan mengunakan radiator colant.tutup radiator
.periksalah tutp radiator pada kerusakan atau perubahan pada sil(seal).bengkok atau penyok atau dudukan katup ada yang bocor.apabila ada kerusakan pada tutup radiator maka gantilah tutup radiator dengan yang baru.jangan lupa liat kodenya di tutup radiator
11.memeriksa sistem pelumasan
.memeriksa minya pelumas dengan cara membuka stik oli,apakh ali masih mencukupi batas maksimal atau tidak.dan jika oli sudah tidak bagus lagi segera ganti oli yang baru.
12.memeriksa tekana compresi.
.langkah2 pemeriksaan.
hidupkan mesin hingga tempratur bekerja.
13.memeriksa dan merawat batrai
periksa air accu jika air accu kurang segeralah di tambah
14.periksa tekanan angin ban
.jiak kurang di tambah anginya.dengan tekanan normal front 30. rear 33 psi.
15.hasil dari kegiatan tune-up
A.kondisi mesin dapat menjadi prima kembali
B.komponen mesin yang rusak dapat di ganti atau di bersihkan
C.tenaga mesin menjadi bertambah dayanya
D.kerusakan mesin tidak terlampau parah dapat ditangani dengan cepat.
E.mesin tidak rewel.

SELAMAT MENCOBA

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MouxineZone - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -