Posted by : Mouxine Arga Merpati Sabtu, 10 Oktober 2009

Walaupun saya suka susu sapi murni.Saya Mau posting dengan hal yang berbeda, yaitu cara membuat susu kedelai.

Karena suka dan bahan bakunya relatif murah, saya jadi tertarik mencoba membuat susu kedelai sendiri. Saya bertanyalah kesana-sini. Pada eksperimen-ekperimen sebelumnya kegagalan saya adalah ada endapan pada susu kedelai. Kadang susu masih terasa langu. Pernah juga waktu dimasak eh malah ada tahu di lapisan atas susu. Setelah beberapa kali gagal akhirnya saya memperoleh ramuan yang pas.

Senang akhirnya saya bisa menmperoleh ramuan yang pas. Ramuan yang pas itu adalah…

Bahan:
1/2 gelas kedelai
dua lembar daun pandan
sebungkus vanili
3 sendok makan gula pasir
sedikit garam (kira-kira seujung sendok teh)
sedikit maizena (kira-kira seujung sendok teh)
4 gelas air (satu gelas untuk merendam kedelai dan sisanya untuk merebus kedelai)

Cara membuat:
Rendam kedelai dengan segelas air selama semalam. Setelah itu tiriskan kedelai dan kupas kulit arinya. Kedelai yang sudah dikupas kulit arinya tersebut dicampur dengan semua bahan. Masak sehingga air mendidih. Setelah mendidih adonan didinginkan. Blender semua bahan tersebut kecuali daun pandan. Saring adonan dengan kain. Susu kedelai siap disajikan. Tambahkan es agar lebih nikmat.

Tips:
Menyaring susu kedelai harus dengan kain. Kalau menyaringnya dengan saringan biasa maka serat kedelai masing bisa lolos melewati saringan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MouxineZone - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -