Posted by : Mouxine Arga Merpati Jumat, 10 Juli 2009

Michael Jackson, salah satu artis terkenal dalam abad ini dan dijuluki Raja Pop meninggal dunia Kamis, 25 Juni 2009 setelah terkena serangan jantung mendadak. Berikut ini adalah catatan perjalanan hidupnya.

19 Agustus 1958 Michael Jackson lahir di Gary, Indiana. Dia anak ketujuh dari Joseph dan Katherine Jackson

Pada Tahun 1963 disaat usianya 5 tahun, Michael muda menunjukkan bakat sebagai penyanyi hebat. Dia dan keempat saudaranya mulai tampil bersama dalam grup Jackson 5 dan sang ayah sebagai manajer.

Pada Tahun 1968, Motown Records memboyong Jackson 5 dan keluarganya ke Los Angeles, California. Single pertama mereka “I want You Back” dirilis pada November 1969.

Pada Tahun 1970, Jackson 5 kemudian menelurkan album hit termasuk “ABC”, “The Love You Save”, dan “I’ll be there”. Michael yang saat itu berusia 11 tahun dan sebagai vokal grup muncul sebagai superstar.

Pada Tahun 1975, Jackson 5 meninggalkan Motown dan beralih ke Epic Record dan mengubah nama grup mereka menjadi Jacksons dan tetap melejit dengan lagu-lahu mereka termasuk “Enjoy Yourself” dan “Shake Your Body (Down to the Ground)

Pada Tahun 1979, Michael Jackson merilis album solo “off the wall” Diproduksi Quincy Jones, album itu terjual lebih 7 juta copy. Termasuk lagu andalan adalah “Don’t Stop Til You Get Enough” dan “Rock With You”.

Pada Tahun 1982, Jackson menjadi superstar dengan merilis Album Solo kedua “Thriller”. Dengan lagu andalan dan video klip dalam lagu “Billi Jean” dan “Beat It”, menjadi album paling laris sepanjang masa.

Pada Tahun 1984, Thriller meraih nominasi delapan Grammy Awards dan semua delapan nominasi tersebut dimenangkannya.

Pada Tahun 1993
Bulan Februari, Jackson tampil dalam Oprah Winfrey Show dan menjelaskan mengapa dia mengubah kulitnya menjadi putih. Dia juga menceritakan betapa ayahnya sering memukulinya saat masuh kecil dan dia menjadi takut terhadap sang ayah.
Bulan Agustus, seorang bocah laki-laki berusia 13 tahun dikenal sebagai teman Jackson menuduhnya melakukan pelecehan seksual berkali-kali selama lima bulan di Ranch Jackson di Encino, California. Jackson lemudian digugat di pengadilan.
Bulan November, Jackson membatalkan konsernya. Disebutkan dia kecanduan obat pembunuh rasa sakit. Dia mengatakan pecandu obat pembunuh rasa sakit setelah menjaalani rehabilitasi pasca operasi, sebuah prosedur yang dia butuhkan setelah rambutnya terbakar ketika syuting iklan pada 1984.

Pada Tahun 1994
Bulan Januari, Jackson membayar sejumlah uang damai untuk menghentikan gugatan. Keluarga bocah itu awalnya meminta 20 juta dolar AS. Dan Jackson memberi antara 10 juta hingga 20 juta dollar AS.
Bulan Mei, Jackson menikahi Lisa Marie Presley, putri Elvis Presley.

Pada Tahun 1996,
Bulan Januari, Jackson dan Presley bercerai setelah 2 tahun menikah.
Bulan November, Jackson menikahi Debbie Rowe, seorang perawat yang dialporkan mengandung anak Jackson dalam proses inseminasi. Putra Jackson, prince Michael Jackson Jr lahir pada 12 Februari 1997. Pasnagan ini memiliki anak perempuan, Paris Michael Katherine pada 3 April 1998.

Pada Tahun 1999, Jackson dan Rowe bercerai dan Jackson mendapat penguasaan penuh mengasuh anak-anak.

Pada tahun 2002, Jackson dihujat karena mengayunkan anaknya dipinggir balkon rumahnya untuk mempertontonkan anaknya kepada fans.

Pada Tahun 2003, Puluhan Polisi menggeledah rumah Jackson . ia kembali dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Pada Tahun 2005, Juri menyatakan Jackson tidak bersalah.

Pada Tahun 2009
Bulan Maret, Jackson mengumumkan akan tampil sekitar 10 menit pada Juli di London’s 02 Arena. Dia mengatakan itu adalah konser terakhirnya.
Bulan Mei, AEG Live mengumumkan sejumlah konser di London ditunda.
25 Juni, Los Angeles Coroner Office membenarkan Jackson meninggal dunia karena serangan jantung tiba-tiba. Brian Oxman, pengacara keluarga Jackson mengatakan Jackson ambruk di rumahnya di Los Angeles , California.
Sumber:kompas.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MouxineZone - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -