Posted by : Mouxine Arga Merpati Selasa, 09 Juni 2009

NGENET nonstop selama 24 jam menghantarkan sejumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Universitas Airlangga Surabaya mencatatkan rekor baru di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).
Tapi ‘main’ yang satu ini memang bukan sekadar main, melainkan menjelajahi pelbagai belahan dunia maya untuk mengunduh (download) khusus materi kedokteran dari internet. Hasilnya, selain tercatat sebagai download terlama pertama di Indonesia, jumlah materi yang diunduh juga terbanyak yaitu 7.000 jurnal kesehatan.
Itulah pencatatan rekor baru MURI dari kegiatan bertajuk Cyber Medical Download Competition yang berlangsung di Fakultas Kedokteran UGM Kamis (21/8). Prestasi ini tercatat sebagai rekor ke- 3.336 di MURI. Sertifikat MURI diserahkan oleh Manajer MURI Paulus Pangka SH kepada Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UGM Prof dr Iwan Dwi Prahasta MMed SC PhD dan Deputi General Manager Public Sector PT Acer Indonesia Rainbow Saragih,
selaku penyelenggara.
Cyber Medical Download Competition yang digelar mulai pukul 14.00 Rabu (20/8) diikuti 19 tim fakultas kedokteran dari UGM, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta dan Unair Surabaya yang terbagi dalam kategori non-UGM dan UGM, dengan masing-masing tim terdiri 3 mahasiswa. Namun setelah berjalan 18 jam, 6 tim tak mampu melanjutkan kompetisi sehingga hanya tersisa 13 tim.
Dari 13 tim itu, akhirnya Unair berhasil merebut Juara I dan UNS juara II untuk kategori non-UGM dan tim angkatan 96 menyabet juara I dan II untuk kategori peserta dari UGM. Kriteria penilaian terdiri dari ketahanan peserta mengunduh selama 24 jam nonstop, kesesuaian materi dengan tema yang telah ditentukan dan jumlah jurnal terbanyak beserta kesesuaian data basenya.
”PT Acer Indonesia sebagai perusahaan komputer terkemuka di Indonesia bangga dengan prestasi ini dan berkomitmen mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Melalui Acer e-learning initiative secara konsisten telah bekerja sama dengan berbagai pihak di Indonesia untuk terus memanfaatkan kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Rainbow Saragih.
Sebelumnya, dalam kunjungan silaturahmi ke Redaksi KR, Helmi Anan, Marketing Communication PT Acer menegaskan komitmen Acer pada dunia pendidikan ini akan terus dikembangkan. ”Kami memberikan apresiasi yang tinggi pada Yogya yang sangat concern pada dunia IT,” kata Helmi, ketika diterima Pemimpin Redaksi KR, Drs Octo Lampito MPd.
Kenyataan yang membuat surprised di Yogya, selain banyaknya mahasiswa yang sudah akrab dengan laptop dan memanfaatkan banyak tempat terbuka yang memiliki hot spot, juga banyaknya event bazar dan pameran komputer yang pernah sepi pengunjung. ”Kami sangat terbuka untuk mengembangkan kemitraan dengan komunitas-komunitas yang ada di Yogya,” katanya.
Bahkan, Helmi juga menyampaikan apresiasinya pada SKH Kedaulatan Rakyat yang meneguhkan diri sebagai community newspaper, dengan mengangkat potensi komunitas yang ada di Yogya, termasuk dari dunia pendidikan.(sumber KR)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MouxineZone - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -